jurusan smk yang cocok untuk wanita

Halo kakak-kakak, Apakah kalian ingin masuk ke SMK setelah lulus dari jenjang SMP sederajat? Jika iya, apakah kalian sudah menentukan jurusan yang kalian minati. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang jurusan yang cocok untuk para wanita.

Ada beberapa jurusan SMK yang cocok untuk wanita dan saya akan memberitahu sedikit tentang beberapa profesi yang relevan setelah masuk ke jurusan tersebut. Mari kita simak informasi berikut ini.

1) Tata Boga

Tata boga sendiri merupakan ilmu pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Maka berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu pangan, maupun kandungan nilai gizi juga dipelajari. Siswa jurusan tata boga pada umumnya belajar tentang perencanaan, pengelolaan, hingga cara mengevaluasi usaha kuliner.

Profesi yang relevan dengan jurusan tata boga yaitu :

a) Wirausaha
b) Chef
c) Koki
d) Enterpreneur di bidang kuliner

2) Tata Busana

Dunia mode selalu mengalami perubahan, terutama di negara-negara pusat mode seperti London, Paris, Milan dan New York. Penting bagi industri pakaian untuk mengikuti tren yang berlaku agar pakaian produksi mereka laku dijual. Oleh karena itu, pakar di bidang desain mode dan tekstil sangat diperlukan oleh industri ini. Kalau kamu suka menggambar dan mendesain pakaian, seorang fashionista, ingin jadi desainer terkenal, boleh banget ambil program studi Tata Busana (Fashion Design) dalam pilihan mu. Selain itu, jurusan ini membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kamu juga harus mempunyai minat terhadap beragam kebudayaan dan tradisi yang mempengaruhi gaya pakaian suatu masyarakat.

Profesi yang relevan dengan jurusan tata busana yaitu :

a) desainer tekstil
b) pattern maker
c) fashion stylist
d) fashion illustrator

3) Tata Rias

Di jurusan tata rias ini, siswa akan mempelajari tata rias Indonesia dan internasional, Beberapa hal yang dipelajari adalah cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika. Jurusan ini diharapkan bisa menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dan ahli di bidang tata rias.
Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang ingin mendalami dunia tata rias. Saat ini tata rias masih sangat dibutuhkan terutama di bidang event dan entertainment. Jangan salah, nggak cuma cewek aja lho yang bisa masuk ke dunia tata rias, tapi cowok juga. Banyak make-up artist ternama yang merupakan laki-laki.

Profesi yang relevan dengan jurusan tata rias yaitu :

a) Beauty Advisor
b) Hair Stylist
c) Makeup Artist (MUA)
d) Pengajar

4) Akuntansi

Akuntasi adalah sebuah jurusan yang menyiapkan siswa untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika. Ilmu Akuntansi lalu diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan.

Profesi yang relevan dengan jurusan akuntansi yaitu :

a) Akuntan
b) Pemeriksa Keuangan
c) Pegawai pajak
d) Pemeriksa dan pengumpul pajak, dan Agen Revenue

5) Pariwisata

Jurusan pariwisata adalah jurusan yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan pariwisata. Biasanya meliputi manajemen destinasi, tour and travel, dan perhotelan. Para lulusan jurusan ini diharapkan mampu memberikan pelayanan hospitalitas yang berkualitas. Selain itu, siswa diharapkan memiliki ketertarikan pada kebudayaan Indonesia sekaligus bisnis.
Pariwisata adalah jurusan yang paling menyenangkan, terutama bagi kamu yang punya hobi jalan-jalan. Tapi, jangan berpikir bahwa dengan memilih jurusan ini kamu hanya akan jalan-jalan melulu. Kamu harus bekerja dengan sangat serius. Pariwisata adalah bidang yang tak akan pernah surut, dan saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup bagus.

Profesi yang relevan dengan jurusan pariwisata yaitu:

a) Pemandu tur
b) Pemandu wisata
c) Agen perjalanan
d) Manajer Layanan Makanan

6) Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jangan salah, siapa bilang teknisi komputer hanya profesi bagi laki-laki? Di zaman yang serba internet seperti sekarang ini, banyak juga wanita yang menggeluti profesi teknisi komputer. Di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, kalian bisa memperlajari seluk beluk tentang perangkat komputer dan jaringan internet. Kalian akan belajar merakit komputer, menginstal program, desain grafis, website building, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, banyak sekali sekolah kejuruan yang membuka jurusan TKJ, akan tetapi, jika kalian ingin belajar tentang komputer dan jaringan sembari menimba ilmu agama, maka SMK berbasis pesantren dapat menjadi pilihannya.

Di Jember, tepatnya di Antirogo, ada pesantren Nurul Islam yang memiliki lembaga pendidikan atas kejuruan yang membuka jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), yaitu SMK Nuris Jember. Di SMK Nuris Jember kalian dapat belajar tentang TKJ sambil mondok. Ada banyak sekali fasilitas yang akan kalian dapatkan misalnya sertifikat kompetensi ketika lulus, sertifikat magang atau prakerin (praktik kerja industri), dan ijasah pesantren. Untuk mendaftar ke SMK Nuris Jember silakan bisa klik di sini.

Itulah beberapa jurusan yang yang cocok untuk wanita dan profesi yang relevan ketika lulus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *