Jadi Lulusan Tercepat sekaligus IPK Tertinggi, Alumni SMK Nuris Ini Ingin Lanjutkan S-2

Selamat! Alumni SMK Nuris Jember, Resmi Jadi Sarjana Teknik

Kabar membanggakan datang dari alumni SMK Nuris Jember, jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), lulusan Tahun 2017 lalu. Yang baru saja disahkan menjadi sarjana teknik. Tak hanya itu, ia juga meraih penghargaan wisudawan dengan lulusan tercepat dan IPK tertinggi.

Prayogi Donny Dharmawan atau akrab dipanggil Yogi ini melanjutkan pendidikan strata 1 nya di Universitas Muhammadiyah Jember, dan mengambil Prodi Teknik Mesin. Tak seperti lulusan SMK pada umumnya yang ingin langsung bekerja setelah lulus, alumni ini justru sangat semangat belajar, terutama tentang mesin.

Terbukti ia berhasil menjadi sarjana hanya dengan kurun waktu 3 tahun 8 bulan 17 hari, dan meraih IPK tertinggi diangkatannya yakni 3,90.

Yogi memilih judul “Analisis Perbandingan Angle of Attack pada Airfoil Modifikasi dan NACA 0018 Menggunakan Proses CFD dengan Ansys 15.0,” untuk penelitian tugas akhirnya. Penelitian ia lekukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jember.

“Alasan saya memilih penelitian ini karena saya memiliki minat di bidang desain dan simulasi engineering, disamping itu saya memilih untuk memanfaatkan teknologi yang ada pada zaman modern ini khususnya kemajuan dibidang komputer (laptop) dan software nya untuk melakukan penelitian dengan cara simulasi pada software yang telah saya pilih. Dengan pemilihan ini saya bisa menghemat waktu, biaya penelitian, serta biaya lainnya yang diperlukan ketika kita melakukan penelitian menggunakan sistem pengujian dll,” ungkapnya.

Ia melakukan sidang skripsi pada tanggal 12 Juni 2021, dan di wisuda pada Minggu, 26 September 2021. Wisuda dilaksanakan secara offline dengan prokes ketat, dan hanya dihaadiri oleh wisudawan saja.

“Seperti para wisudawan yang lainnya, rasanya pasti senang dan bahagia bisa lulus dan diwisuda. Apalagi ini adalah salah satu impian orang tua saya yang ingin melihat dan datang ke acara kelulusan saya,” Ungkapnya.

Lelaki kelahiran Surabaya, 31 Juli 1999 ini mengaku ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Insya Allah saya ada rencana untuk melanjutkan studi saya ke jenjang S-2, untuk saat ini saya sedang berusaha mencari beasiswa yang dapat merealisasikannya. Jika memang rejekinya saya dapat pekerjaan dulu maka saya akan menabung untuk keperluan lanjut studi saya. Harapan saya semoga apapun yang saya pilih dan jalani bisa diridhoi oleh Allah dan kedua orang tua, semoga apapun yang saya jalani nantinya entah itu lanjut studi atau berkarir bisa lancar dan menjadi keberkahan untuk saya pribadi dan keluarga, serta semoga saya bisa mewujudkan impian-impian saya, Aamiin,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga memberikan kesan dan pesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember.

“Kesan saya selama saya sekolah di SMK Nuris Jember, san menjadi santri Alhamdulillah sangat baik dan berkesan, banyak para guru yang menginspirasi saya hingga saya bisa seperti sekarang ini. Banyak ilmu juga yang saya dapatkan selama saya sekolah bukan hanya tentang kecerdasaan intelektual (IQ) saja melainkan tentang EQ dan SQ juga saya dapatkan selama saya sekolah di Nuris,”

“Karena jaman sekarang yang di butuhkan di masyarakat itu bukan hanya ilmu pengetahuan saja, melainkan soal attitude dan ilmu agama juga diperlukan sekali, dan menurut saya selama di Nuris saya dapatkan ilmu-ilmu tersebut. Saya juga masih dalam tahap pembelajaran hingga saat ini,”

“Pesan saya untuk adik-adik, jangan pernah takut bermimpi meskipun dalam kondisi apapun itu. Tetap berproses dengan baik di tengah keterbatasan kita. Berfokuslah pada proses (sistem yang kita buat dan jalani) dan jangan terlalu memikirkan hasil. Karena tugas manusia adalah berusaha semaksimal mungkin, untuk hasil ada Gusti Allah yang menentukan. Dan jangan pernah khawatir terhadap apapun hasil yang diterima nantinya jika sesuai dengan keinginan maka bersyukurlah dan jika belum sesuai maka tetaplah yakin dan berusaha suatu saat pasti Allah akan memberikan yang terbaik untuk diri kita. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hambanya. Mungkin kalau saya boleh memberi tambahan, jangan lupakan doa dan restu orang tua di setiap perjalanan yang kita jalani agar apa yang kita jalani bisa lancar dan menjadi berkah untuk kita dan keluarga tentunya,” ungkapnya.

Nama: Prayogi Donny Dharmawan
Alamat: Jl. Ahmad Yani VI A No. 11 Kel. Kepatihan Kec. Kaliwates
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 31 Juli 1999
Lembaga: SMK Nuris Jember, 2017
Jurusan : TKRO
Kuliah: S1 Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *