Alumni Nuris ini Ambil Jurusan Matematika dan juga Menjadi Pengajar Matematika yang Menyenangkan

Siti Rahmawati: Matematika Itu Sangat Mudah dan juga Menyenangkan

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang banyak dikeluhkan kesahkan oleh sebagian besar dari siswa di Indonesia, meski tak sedikit juga diantara mereka yang menyukai pelajaran eksak yang satu ini. Nah alumni Nuris ini, memiliki niat mulia untuk mengubah sudut pandang para siswa tentang matematika yang katanya sulit dipahami.

Ia bernama Siti Rahmawati, wanita cantik yang biasa dipanggil Rahma ini merupakan salah satu alumni SMK Nuris Jember lulusan tahun 2010 yang lalu. Ketika ia menjadi siswa di SMK Nuris Jember ia mengambil jurusan Teknik Komunikasi Jaringan (TKJ) Semasa menjadi siswa ia pernah aktif di ekstrakurikuler teater keong mas Nuris.

Ia juga sempat menjabat sebagai pengurus kebersihan dan ketua kamar B5 Pesantren Putri Nuris Jember. Semenjak menjadi siswa ia sudah menyukai matematika, nilai matematikanya juga bagus lho, oleh karena itu setelah lulus, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Jember.

“Alasan saya mengambil jurusan matematika karena saya ingin mengenalkan pada peserta didik (anak-anak) kalau pelajaran matematika itu tidak seseram apa yang mereka bayangkan, tidak sulit, pelajaran matematika itu menyenangkan,” ungkapnya.

Ketika menjadi mahasiswa ia juga aktif di organisasi Forsis (forum study Islam), sedangkan untuk tugas akhir kuliahnya, ia mengambil judul “Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kesebangunan Dan Kekongruenan Menggunakan Geoboard Bagi Siswa Kelas IX Di MTs Miftahul Ulum Rambipuji,” dan berkat kerja kerasnya ia berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 2017 yang lalu.

“Dulu skripsi saya sudah selesai tahun 2015, tapi karena ada kendala dan wisuda di undur. Jadi Maret tahun 2017 baru saya bisa di wisuda,” ungkapnya.

Sebelum lulus kuliah, Rahma mengakui kuliah sambil mengajar di MTs Miftahul Ulum Rambipuji mulai tahun 2015 hingga 2019 itu baginya menjadi guru adalah impiannya sejak dini, menurutnya sosok guru itu adalah seseorang yang tak kenal dengan lelah untuk membagikan ilmunya kepada para anak didiknya.

“Seorang Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang menancapkan panah ilmu pengetahuan ke dalam dada siswa menembus jiwa dan pikirannya. Walaupun pada dasarnya daya siswa berbeda dalam memposisikan diri agar panah meluncur tepat sasaran. Semua tergantung bagaimana siswa menyikapi dan menindak lanjuti pengetahuan yang ditransfer oleh gurunya. Saya bersyukur dan senang sekali bisa menjadi seorang guru,” tambahnya.

Dan pada 18 Juni 2018 yang lalu, ia dipersunting oleh lelaki pujaannya bernama Anton Cahyono. Anton dan Rahma merupakan sesama alumni SMK Nuris Jember.

“Saya tidak menyangka sebelumnya bisa berjodoh dengan sesama alumni Nuris. Gimana ya.. lucu aja, nggak nyangka, karena awalnya nggak suka (benci jadi suka). Tapi Alhamdulillah, karena sesama alumni kita bisa bernostalgia bareng, teman-teman kita juga sama, sebelum nikahpun kita tak usah khawatir tentang akhlaknya calon pasangan karena sudah tahu kalau sesama alumni pesantren,” ungkapnya

Dan saat ini ibu dari bayi cantik Inara Khanza Kamilatussholiha ini sedang menyibukkan diri dengan kegiatan barunya menjadi seseorang ibu, sembari membantu usaha suami yakni pembibitan ikan dan jual cacing sutra, selain itu ia juga membuka jasa les matematika.

Nama: Siti Rahmawati
Tempat, tanggal lahir: Jember, 30 September 1991
Alamat: Yosowilangun, Lumajang
Lembaga: SMK Nuris Jember 2010, TKJ
Jurusan: TKJ
Kuliah: Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Jember
Karier: Mengajar di MTs Miftahul Ulum Rambipuji mulai tahun 2015 sampai 2019, Membuka Les Matematika 2020 sampai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *