Melalui Diklat Banser, Alumni ini Ingin Abdikan Diri untuk Keamanan Bangsa

 

Melalui Diklat Banser, Alumni ini Ingin Abdikan Diri untuk Keamanan Bangsa

Zainal Arifin, alumni SMK Nuris Jember lulusan tahun 2013 ini baru saja menyelesaikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Gerakan Pemuda Ansor Cabang Jember di Rembangan yang dilaksanakan kurang lebih 3 hari dari tanggal 11-13 Mei pada tahun 2013 lalu. Keinginannya yang kuat untuk menjadi penjaga keamanan bangsa dari paham radikal, Zainal mantapkan diri turut berdedikasi sesuai potensinya.

Diklat Banser (Bantuan Ansor Serbaguna) di Rembangan, Jember diikuti sekitar 250 peserta dari berbagai kalangan. Agenda ini merupakan inisiatif Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, yang bertujuan untuk mencegah munculnya radikalisme di tengah masyarakat.

Selama kurang lebih 3 hari Diklat Banser dilakukan. Mulai materi kemiliteran, PBB, hingga Kebangsaan disampaikan dalam Diklat tersebut. Kapolres Jember turut jadi pembuka Diklat Banser, begitu pula Ayub Junaidi, Ketua Umum GP Ansor, yang menjadi pemateri di acara tersebut.

“Bangga sekali ikut Diklat ini, jika dulu banyak yang tua-tua jadi Banser, sekarang Alhamdulillah banyak yang muda-muda. Saya ingin turut serta  memajukan NU melalui Banser dan membantu semampu saya menjaga keamanan NKRI dalam keberagaman sesuai pidato Bapak Kapolres Jember.” Ungkapnya.

“Info Diklat saya dapatkan dari Ustad Mufid, selaku Ketua Ranting NU, Antirogo, saya langsung mengiyakan tawaran beliau. Bangga sekali, Diklat ini dapat pengesahan langsung oleh Bapak Kapolres Jember.” imbuhnya.

Menurut Kusworo, kehadiran GP Anshor dan Banser sangat membantu aparat keamanan.” Banser dan Ansor sudah banyak perannya membantu aparat keamanan, termasuk di Jember,” tandas Kapolres Kusworo. Kapolres mengaku menggandeng GP Ansor dan Banser untuk bersama dengan Polres dan TNI untuk mendeteksi organisasi terlarang yang tidak sejalan dengan semangat Pancasila dan merongrong NKRI. “Apalagi, jumlah aparat keamanan dengan rasio penduduk memang masih kurang sehingga membutuhkan peran serta masyarakat. Ansor dan Banser adalah jawaban. Banser kami harapkan bisa memberikan keteladanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Terkait dengan ajakan Kapolres, diakui Ayub Junaidi, Ketua Umum GP Ansor, sudah menjadi kewajibannya untuk menjaga NKRI dari rongrongan pihak radikalisme yang ingin memecah belahkan NKRI kita ini. ” Kami pun siap menjadi garda terdepan untuk ulama dan bangsa sehingga bisa hidup damai bersama dalam bingkai keberagaman,” Ungkapnya pula.

 

Nama: Zainal Arifin
Lembaga: SMK Nuris Jember 2013
Jurusan: TKJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *