prospek smk jurusan teknik bisnis dan sepeda motor

Sebenarnya apa sih jurusan TBSM itu? TBSM adalah salah satu jurusan yang ada di SMK, biasanya di jurusan TBSM kalian akan mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat yang ada di sepeda motor, selain itu kalian juga akan mempelajari tentang bagaimana cara berbisnis sepeda motor seperti membuka jasa service sepeda motor alias bengkel.

Jika kalian bingung kalau masuk jurusan TBSM nanti lulusnya bisa kerja apa? Kira-kira bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tidak? Kali ini saya akan memberitahu sedikit prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan SMK jurusan TBSM.

1. Industri Otomotif

Menjadi lulusan teknik otomotif tentu dapat memberi kalian jalan untuk bekerja di industri otomotif. Banyak hal yang bisa kalian pelajari selama di bangku SMK yang mana akan sangat berguna ketika mulai bekerja. Kalian tidak hanya bisa melamar di dealer motor saja, namun kalian juga bisa bekerja di perusahaan perakitannya dan menjadi seorang perancang bodi, transmisi, sasis, hingga perancang bagian mesin/engine.

Kisaran gaji yang bisa didapat adalah Rp.5.000.000 per bulan.

2. Menjadi Periset

Peluang atau prospek kerja berikutnya bagi lulusan TBSM adalah menjadi periset. Kamu juga bisa menjadi periset atau peneliti untuk beberapa mesin otomotif dan kelistrikannya.

Kisaran gaji yang bisa didapat adalah Rp.6.000.000 per bulan.

3. Teknisi

Selain dua bidang di atas, kalian juga bisa memilih karir menjadi seorang teknisi. Karena kalian adalah lulusan dari jurusan teknik otomotif, kalian tentu akan menjadi teknisi di bidang yang sama. Tidak hanya bekerja di bengkel atau service center, kalian juga memiliki kesempatan untuk bergabung di perusahaan otomotif ternama.

Kisaran gaji seorang teknisi adalah Rp.4.000.000 per bulan.

4. Berwirausaha

Prospek kerja yang selanjutnya adalah menjadi wirausahawan. Mengingat kalian mempunyai skill yang telah dipelajari saat sekolah, kalian pasti sangat paham betul dengan bidang otomotif terutama di sepeda motor. Maka, tidak ada salahnya kalian membuka usaha yang berkaitan dengan keahlian kalian, misalnya membuka bengkel atau jasa service panggilan.

Tidak ada nominal pasti jika kalian memutuskan menjadi wirusahawan. Penghasilan kalian tergantung dari usaha dan omset kalian.

5. Modifikator atau Jurnalis Majalah Otomotif

Seperti halnya membuka bengkel sendiri dan berwirausaha, Kamu juga bisa menjadi seorang modifikator. Kemampuanmu dalam bidang otomotif sangat diperlukan dan diuji karena Kamu nantinya harus melakukan kustomisasi dengan settingan standar banyak kendaran bermotor. Jika kalian memiliki kemampuan menulis, kalian juga bisa bekerja menjadi penulis di majalah otomotif.

Kisaran gaji seorang modifikator dan jurnalis majalah otomotif adalah Rp.3.000.000-Rp.6.000.000

Nah, itu adalah prospek kerja jika kalian masuk jurusan TBSM. Jika kalian minat masuk jurusan TBSM dan juga ingin sekaligus belajar agama kalian bisa masuk ke sekolah kami yaitu SMK Nuris Jember. Di SMK Nuris Jember kalian bisa mondok sekalian sekolah. Di SMK Nuris juga terdapat jurusan lain seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Semoga bermanfaat. (yhy/jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *