Berpengalaman pada Mekanik Robotika dan juga Ingin Buka Usaha Digital Printing

Alumni Nuris yang satu ini memiliki kisah cukup menarik untuk diungkap. Berasal dari keluarga yang menggemari di dunia elektronika, hingga memotivasi dirinya untuk melanjutkan studinya di jurusan yang sejalan setelah menamatkan studi sekolah menengah kejuruannya di SMK Nuris Jember.

Dikenal sebagai santri yang sopan dan santun sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember, Ahmad Fawaid merupakan sosok yang supel dan giat dalam belajar. Ia adalah Alumni lulusan SMK Nuris Jember, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada tahun 2016 yang lalu.

Lelaki kelahiran Jember, 28 Februari 1998 ini menempuh pendidikan diploma 3 di salah satu kampus ternama Jember yaitu, Politeknik Negeri Jember (Polije). Sesuai dengan cita-citanya, ia lolos kuliah ke Polije lewat jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri Negeri) pada jurusan teknologi informasi, program studi teknik komputer dan kontrol (TKK).

“Saya mengambil jurusan tersebut di Polije karena memang di keluarga besar saya banyak yang menggemari dunia elektronika. Mulai dari bapak saya, paman, hingga kakak semua masuk TKK. Saya gemar elektronika dan ingin buat robot yang dapat dikembangkan kemanfaatannya dalam keseharian. Motivasi itu yang membuat saya kuliah di sana.” Ungkapnya.

Sebagai penunjang pengalaman studi diploma di Polije, pemuda berwajah tampan khas Arab ini, juga turut aktif di berbagai kegiatan organisasi misalnya, himpunan mahasiswa jurusan teknologi informasi (HMJ-TI) pada tahun 2018; dan Tim Riset Teknologi Hardware tahun 2017.

Selain itu, lelaki asal Dusun Krajan, Desa Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember ini, juga berpengalaman dalam ajang kompetisi robotika sebagai mekanik robot line tracer (JLT) ke-6 di Universitas Jember pada tahun 2017 dan kontes robot sepakbola Indonesia di tahun yang sama.

Untuk menuntaskan studi diplomanya di Polije, Fawaid menuntaskan tugas akhir berjudul “Desain Sistem Kontrol Irigasi untuk Petani Berbasis Mikrokontroler ESP8266 Menggunakan Android” pada tahun 2019 yang lalu. Dan meraih indeks prestasi kumulatif yang terbilang tinggi bagi lulusan jurusan teknologi informasi yakni, 3,48.

“Rencana ke depan saya mau buka usaha digital printing. Sekalian juga ada rencana mau buat alat disinfektan otomatis yang ingin saya baktikan ke pesantren saya. Sebab pandemi covid-19 yang masih melanda, barang kali alat otomatis ini dapat membantu. Semoga usaha dan rencana ini bisa segera terwujud.” Ungkapnya.

Nama      : Ahmad Fawaid
Lembaga : SMK Nuris Jember 2016
Jurusan    : TKJ
Kuliah      : Polije, jurusan teknologi informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *