Macam-macam Jurusan SMK dan Potensinya di Masa Depan yang Wajib Kamu Tahu!

Hai, Sobat. Jika kalian berencana masuk SMK setelah lulus SMP nanti. Maka kalian perlu tahu beberapa hal tentang jurusan yang ada di SMK. Nah, salah satunya adalah jurusan TKRO. TKRO adalah singkatan dari Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Jika kalian masih bingung dengan Apa sih itu jurusan TKRO? TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Jurusan TKRO ini juga tersedia di SMK Nuris Jember.

Terus, kalau sudah masuk jurusan TKRO setelah lulus nanti bisa kerja apa? Kira-kira bisa tidak ya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Kali ini saya akan memberitahu kalian tentang “Prospek Memilih SMK Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif?”

1) Mekanik

Lulusan Teknik Kendaraan Ringan tentu memiliki keahlian untuk bekerja sebagai mekanik otomotif di berbagai bengkel motor atau mobil.

Gaji seorang mekanik yaitu berkisar Rp.3.000.000.

2) Modifikator

Modifikator adalah orang yang bekerja melakukan modifikasi atau kustomisasi beberapa bagian pada kendaraan sesuai permintaan klien atau pemilik kendaraan tersebut. Profesi modifikator saat ini cukup banyak dicari mengingat tingginya minat orang-orang untuk memodifikasi kendaraan mereka.

Gaji seorang modifikator yaitu sekitar Rp.3.000.000.

3) Industri Otomotif

Banyak perusahaan multinasional di bidang otomotif yang membuka pabriknya di Indonesia, misalnya seperti yang banyak berdiri di Karawang dan Cikarang. Industri-industri ini membutuhkan banyak tenaga ahli dari bidang otomotif seperti lulusan Teknik Kendaraan Ringan.

Gaji karyawan di industri ini yaitu sekitar Rp.6.000.000.

4) Tenaga Pengajar

Saat ini semakin banyak SMK yang membuka program keahlian otomotif dan membutuhkan tenaga pengajar yang kompeten dalam bidang tersebut.

Kisaran gaji untuk profesi ini sekitar Rp.2.000.000-Rp.3.000.000.

5) Blogger Atau Vlogger Otomotif

Profesi blogger dan vlogger saat ini juga sedang marak digandrungi mengingat pola kehidupan orang-orang yang kini mencari informasi apapun melalui internet. Saat ini banyak juga blogger atau vlogger yang khusus membahas mengenai dunia otomotif. Kamu yang merupakan lulusan Teknik Kendaraan Ringan tentu memiliki ilmu yang cukup untuk melakukan profesi ini dan mendapat gaji tak terhingga sesuai kreativitasmu.

6) Wirausahawan

Profesi terakhir yang bisa dikerjakan oleh lulusan TKRO adalah wirausahawan. Lulusan SMK TKRO yang sudah berpengalaman tentu juga bisa membuka bengkel sendiri. Dengan begitu mereka bisa mengelola sebuah bengkel sesuai dengan keinginannya.

Besaran penghasilan untuk wirausahawan tidak bisa ditentukan dengan pasti. Hal itu tergantung dari seberapa baik mengelola usahanya.

Nah, itu adalah pekerjaan-pekerjaan jika kalian masuk jurusan TKRO. Jika kalian ingin masuk jurusan TKRO dan juga ingin belajar mendalam tentang agama kalian bisa masuk ke SMK Nuris Jember ini lho! di SMK Nuris Jember itu sendiri kalian bisa nyantri sekaligus sekolah. Tak hanya jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) saja lho di SMK Nuris Jember. Di sini juga ada jurusan lain yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *