kelebihan dan kekurangan TKJ

Apa kalian berencana masuk SMK jurusan TKJ setelah lulus SMP nantyi? Lalu, apa kalian tahu apa saja yang dipelajari di jurusan TKJ SMK? Memang agak rumit, sih. Sebab, kalau kalian dasarnya tidak begitu menyukai dunia teknologi komputer, pasti akan mumet, deh. TKJ adalah kepanjangan dari teknik komputer dan jaringan.

Jika masuk jurusan TKJ, kalian tidak hanya mempelajari tentang sistem komputer dan perakitan komputer saja, tapi kalian juga akan mempelajari tentang jaringan, software, hardware, troubleshooting, dan juga mempelajari bahasa-bahasa pemrograman. Nah, supaya kalian lebih paham yuk kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan jurusan TKJ di SMK.

Kelebihan Masuk Jurusan TKJ

1. Mendapatkan Pembelajaran Dasar Tentang Komputer

Jika kalian masuk jurusan TKJ, mulai kelas X pelajaran awal yang akan kalian terima yakni mengenai Software dan juga Hardware. Kalian diajari untuk memahami bagian-bagian komputer mulai software dan juga hardware. Tidak hanya itu saja, pembelajaran Sistem Operasi juga tidak ketinggalan akan kalian terima.

Di kelas X ini, kalian akan diajari mengenai bagaimana cara membuat kabel Straight dan Cross. Lagi-lagi, konversi bilangan juga diajarkan dalam hal ini. Mulai dari binner sampai hexa. Jadi, siap-siap dengan hitung-hitungan, ya.

Kalian juga akan diajari Troubleshooting Komputer, seperti menyelidiki permasalahan yang ada pada RAM, Hard Disk, dan juga lainnya. Selain itu, Kalian juga akan diajak membahas permasalahan apa saja yang sih yang sering terjadi pada sistem komputer dan juga cara mengatasinya.

Selain itu, kalian juga akan belajar Bunyi ‘beep’ ketika kalian belajar perakitan komputer. Ketika merakit komputer ini kalian akan memakai CPU yang terbongkar kemudian kalian disuruh merakitnya kembali.

Tidak hanya itu, kalian juga memiliki kesempatan mencoba dunia kerja di bidang TKJ ketika praktek kerja industri (Prakerin). Pastinya Kalian terlebih dahulu akan dibekali dengan kemampuan yang mumpuni di sekolah seperti, menginstal Sistem Operasi dan merakit jaringan LAN (Local Area Network).

2. PKL atau Prakerin Menambah Pengalaman Kerja

Kelebihan kedua jika kalian masuk ke SMK jurusan TKJ adalah kalian akan merasakan dunia kerja. Prakerin atau PKL yang lebih sering kalian dengar dengan kata magang, menjadi kesempatan emas kalian dalam menuangkan bakat kalian di tempat kerja yang sesungguhnya. Kalian melakukan Prakerin, magang, atau PKL pada saat kalian sudah duduk di kelas XI SMK.

Pada saat Prakerin, kalian juga diajarkan bagaimana cara menerima konsumen, bongkar pasang laptop, printer, PC, install sistem operasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kualitas tempat Prakerin yang kalian dapatkan berbeda dengan yang lainnya. Jadi pilihlah tempat Prakerin yang menurut cocok untuk menguji kemampuan kalian selama menjalani pembelajaran di sekolah.

3. Peluang Kerja

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menginginkan karyawan yang ahli pada bidang komputer. Setelah lulus dari jurusan TKJ, kalian bisa melamar di perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan yang ahli di bidang komputer. Kalian bisa bekerja sebagai teknisi jaringan atau komputer.

Selain itu, lulusan SMK TKJ juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada banyak jurusan di kampus yang dapat kalian pilih, setelah lulus kuliah, tentu kesempatan bekerja di tempat yang profesional akan jauh lebih terbuka. Jadi, jangan takut atau ragu lagi untuk masuk ke jurusan TKJ.

Kalau kalian ingin menempuh pendidikan SMK sembari belajar ilmu agama Islam, maka kalian dapat memilih SMK yang berada di bawah naungan pesantren. Salah satu SMK yang bisa kalian pilih adalah SMK Nuris Jember. SMK Nuris Jember adalah sekolah menengah kejuruan yang memiliki tiga jurusan yakni, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, dan Teknik Bisnis dan Sepeda Motor. Di SMK Nuris Jember, kalian bisa belajar keterampilan kerja sekaligus menimba ilmu agama. Silakan hubungi humas SMK Nuris Jember atau klik di sini untuk mendaftar.

Kekurangan Masuk Jurusan TKJ

1. Biaya

Jurusan TKJ merupakan jurusan yang berhubungan dengan komputer. Maka dari itu peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga tidak murah. Sekolah tentunya pasti telah menyediakan peralatan yang berhubungan dengan TKJ. Akan tetapi, untuk lebih mengembangkan diri, kalian tentunya juga perlu berbelanja sedikit keperluan agar belajar kalian bisa lebih maksimal.

2. Update Perkembangan Teknologi

Teknologi saat ini telah berkembang pesat. Laju perkembangan tersebut tentu mau tidak mau harus kaian ikuti jika masuk jurusan TKJ. Hal ini membuat kalian harus terus meng-update perkembangan teknologi agar kalian tidak ketinggalan.

Jadi itulah kelebihan dan kekurangan jurusan TKJ. Terlepas dari hal itu, semua tergantung dari niat dan usaha kalian dalam belajar. Jadi jangan sia-siakan kesempatan belajar kalian dengan memilih sekolah yang terbaik. (yhy/jai)

 

Penulis : Yahya Firmansyah (siswa kelas X TKJ Axioo)

Editor : Achmad Syuja’i (Guru Bahasa Indonesia SMK Nuris Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *